Fakta Serangan Iran, Penuhi Operasi Janji Sejati ke Israel


Sumber: X/@randomworldwar


Cooliah Times - Dunia dihebohkan dengan adanya serangan drone dan rudal dari Iran ke Israel. Seperti kita ketahui bersama, Iran melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel pada sabtu malam (13/04), Serangan ini dilakukan dengan menggunakan lebih dari 300 rudal dan drone. Sebagian besar serangan diluncurkan dari dalam wilayah Iran.

Tindakan tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas  serangan oleh Israel pada 1 April lalu terhadap kompleks kedutaan  di Suriah  yang diduga menewaskan seorang komandan senior Garda Revolusi.

Akan tetapi hampir semua serangan berhasil dicegah oleh Israel beserta negara pendukung israel, seperti Amerika Serikat, Yordania, dan Inggris. Dampak serangan tersebut hanya menimbulkan sedikit kerusakan, karena sebagian besar drone dan rudal  ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome Israel berkat dukungan dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Yordania.

Berikut merupakan fakta serangan Iran ke Israel hingga saat ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Operasi janji sejati

Dilansir dari Liputan PressTV, Operasi janji sejati ini adalah operasi militer yang bertujuan membalas dendam atas serangan Israel ke Damaskus pada 1 April lalu. Serangan tersebut menewaskan 12 orang, termasuk  komandan militer Iran Mayor Jenderal Mohammad Reza Zahed.

2. Israel dihujani rudal selama 5 jam

Serangan Iran yang disebut Operasi Janji Sejati ini, terjadi selama sekitar 5 jam, dimulai dari Sabtu malam hingga Minggu dini hari. ledakan terdengar di beberapa kota di Israel, termasuk Tel Aviv.

3. Ada tiga jenis serangan berbeda

Iran melancarkan tiga jenis serangan Dalam laporan Associated Press (AP) News, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan Iran meluncurkan hingga 120 rudal balistik dan 170 rudal sebagai bagian dari Operasi True Promise.

4. Israel meminta PBB menjatuhkan sanksi 

Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan pada Minggu (14/04) mendesak Dewan Keamanan untuk menjatuhkan semua kemungkinan sanksi  terhadap Iran terhadap serangan Iran pada negaranya. 

5. AS Hancurkan Drone dan Rudal Iran

Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa militer AS membantu Israel dalam menangkal hampir semua serangan drone dan rudal yang dilancarkan oleh Iran. Data dari Komando Pusat AS menunjukkan bahwa lebih dari 80 drone serang satu arah dan minimal enam rudal balistik telah dihancurkan oleh militer AS selama periode tersebut.

6. Iran menyatakan bahwa serangan merupakan bentuk pertahanan

Duta Besar Iran untuk PBB, Amir Saeid Iravani, menyatakan kepada Dewan Keamanan bahwa Iran hanya bertindak sebagai bentuk pertahanan atau self-defense. Dia juga menyalahkan Dewan Keamanan atas kegagalan dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional, terutama setelah serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus. Iravani menekankan bahwa Iran tidak menginginkan eskalasi atau perang, tetapi akan merespons setiap ancaman atau agresi.

Penulis: Ibnu Febriyan 

Editor: Rafa Ramadita