Persiapan Wajah Baru Laboratorium Praktikum Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 


Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tengah gencar melakukan perbaikan fasilitas kampusnya dalam rangka menyambut status Perguruan Tinggi Negeri Berbasis Hukum (PTNBH). Dengan ditandai oleh pergantian kepengurusan kampus besar-besaran yang  menghasikan susunan baru, maka dimulai pula dengan  tahap merenovasi beberapa  fasilitas di dalamnya. 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menjadi salah satu fakultas yang perlu perhatian lebih atas fasilitasnya. Jajaran kepengurusan yang baru seperti dekan, ketua program studi, ketua laboratorium, dan lainnya menjadi pertanda baik atas kegiatan renovasi ini. 

Kegiatan renovasi gedung FISIP ini dimulai secara bertahahap, dimulai dari area roof top, laboratorium televisi, laboratorium foto dan video, dan laboratorium radio. Tidak lupa dengan laboratorium praktikum ketiga program studi di FISIP, yaitu laboratorium praktikum Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan laboratorium Ilmu komunikasimenjadi laboratorium praktikum terakhir yang akan direnovasi oleh pihak fakultas. 

Pasalnya dari ketiga program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), hanya laboratorium Ilmu komunikasi yang belum bisa digunakan maksimal untuk mahasiswanya. Tidak tertatanya barang-barang dan kurangnya unit komputer membuat laboratorium  ini sempat terbengkalai dan berakibat belum bisa beroperasi secara normal. 

Herli selaku laboran Ilmu Komunikasi Untirta mengaku bahwa renovasi laboratorium ini harus segera dilakukan demi menunjang pembelajaran yang bersifat praktikal.  

“Ya memang seharusnya diperbaiki, supaya semua mahasiswa komunikasi bisa ngerasain fasilitas ini”, ucap Herly (19/4/24). 

Hal ini juga berdampak pada proses pembelajaran praktikum mahasiswa Ilmu Komunikasi.  Adil Fathi, mahasiswa Ilmu komunikasi semester empat mengaku terganggu karena laboratorium ini belum bisa beroperasi normal hingga saat ini. 

“Lumayan menganggu sih, soalnya kemarin Ujian Tengah Semester mata kuliah Komunikasi Visual jadi ditunda dulu karena fasilitas lab belum bisa dipakai”, aku Adil Fathi (19/4/24).

Atas adanya keluhan dan masukan dari beberapa pihak, kini laboratorium praktikum Ilmu Komunikasi tengah dilakukan renovasi agar secepatnya bisa beroperasi normal. Tahap awal dari rencana renovasi ini adalah dengan dilakukannya pengecekan komputer dan survei tata letak oleh pihak laboran. 

“Sekarang baru dicek dulu sih unit komputernya, habis itu baru mulai renovasi total. Doain aja semoga pengecekan ini cepat selesai biar labnya bisa dipakai kembali”, tambah Herli selaku laboran Ilmu Komunikasi.


Penulis: Nabilla Anwar (6662220091)